Tuesday 19 November 2013

Kenali negeri mu, Cintai negeri mu

Tanah airku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidak kan hilang dari kalbu
Tanah ku yang kucintai
Engkau kuhargai ...

lirik lagu ciptaan ibu sud di atas mengajak kita untuk mencintai, menghargai,dan menghormati tanah air Indonesia. Walau pergi jauh, Indonesia tetap di hati. Kita bisa mencintai dan menghargai tanah air kita, Indonesia. Jika kita mengenal dengan baik apa yang dimiliiki oleh Indonesia.

Indonesia memiliki kepulauan terluas di dunia, tersebar dari sabang sampai merauke, dari pulau miangas sampai pulau rote. Jarak yang terbentang dari barat ke timur kurang lebih 5236 km, jarak ke utara sampai keselatan kurang lebih 2000 km, dari luas yang terbentang itu Indonesia memiliki 17000 pulau yang tersebar dari barat ke timur serta dari utara ke selatan. Setiap kepulauan memilki kekayaan sumber daya alam yang beraneka ragam seperti emas, minyak, batubara, timah, nikel, karet, kelapa sawit, dan masih banyak lagi.


Selain kekayaan sumber daya alam, Indonesia memiliki keeksotisan alam yang luar biasa seperti gunung, pantai, lautan, hutan, gua, persawahan, dan berbukitan.





                                           
Namun keeksotisan alam Indonesia masih sangat kurang diketahui oleh orang Indonesia. Orang Indonesia hanya mengenal lewat buku pelajaran, media massa, ataupun cerita dari orang luar negeri tentang indahnya negeri Indonesia.    

Tepat tanggal 12.12.2012 orang Indonesia bisa mengenal cantik dan luar biasanya alam yang di kandung oleh ibu pertiwi melalui Petualangan yang di lakukan oleh ke enam anak muda dari Jakarta yang terdiri dari Arial, Genta, Zafran, Ian, Dinda dan Riani dalam film 5cm, film 5cm merupakan visualisasi dari novel 5 cm.

Di dalam kisah 5 cm, ke enam pemuda tersebut memilih Mahameru sebagai objek eksplorasi keeksotisan alam ibu pertiwi,yaitu mahameru. Mahameru merupakan pucak tertinggi di Jawa. 

Mahameru menyimpan beraneka ragam keindahan yang membuat mata tak terpejam, dan mulut selalu mengucapkan syukur kepada sang pencipta bahwa bumi Indonesia sangatlah Indah.

Salah satu tempat terindah di dalam film tersebut ialah ranu kumbolo, ranu yang artinya danau. Di Ranu Kumbolo kita bisa melihat danau yang luas yang dihiasi oleh pohon-pohon yang rindang serta kabut putih yang turun membuat mata segar.
                                 
.
Keindahan Mahameru tidaklah mudah untuk ditelusuri. Dalam kisah 5cm, Arial, Genta, Ian, Zafran, Dinda, dan Riani mengalami berbagai macam rintangan untuk menuju puncak Mahameru, terjalnya medan pendakian hampir membuat nyawa Ian melayang, dan dinginnya udara yang menyengat hampir membuat Arial meyerah.

Filosofi tentang mimpi yang selalu menggantung 5cm di depan kening membuat keenam pemuda tersebut tak mengenal kata menyerah dan mengeluh seberat apa pun rintangan mahameru.

Sesampainya di atas puncak, keenam pemuda tersebut melakukan upacara bendara, mereka mengibarkan sang dwi warna di atas puncak tertinggi pulau Jawa. Mereka menghayati apa yang mereka sudah berikan kepada Indonesia, padahal Indonesia selalu memberikan kebaikan untuk mereka. Mereka lahir, minum, makan dan bernafas di Indonesia.


Banyak pelajaran dari novel dan film 5cm yang sangat penting dan dalam untuk kaum muda Indonesia. Kenali dan cintailah Indonesia. Walau pemerintahan Indonesia busuk, walau banyak orang asing yang mengesploitasi Indonesia, bukan untuk kita hujat, bukan untuk kita cela, atau bahkan kita kabur dari Indonesia. Kita hanya perlu kenali dan cintai Indonesia. Jika bukan kaum muda Indonesia, siapa lagi yang memperbaiki keadaan Indonesia di masa yang akan datang. 

No comments:

Post a Comment