Saturday 8 March 2014

Ngobrol Asyik Dengan Gadis Arab

Wajahnya begitu indah, cantik sempurna khas timur tengah. Dengan memakai jilbab bermotif ia tampak lebih modis. Awalnya ia tidak melihat saya. Karena saya sapa ia menoleh dan kami pun berdialog.

Nama gadis arab itu ialah Rania Alshuaibi Osama. Saya dan ia sudah cukup lama mengenal. Namun kami jarang sekali mengobrol. Saya mengenal ia di kegiatan social club yang sering diadakan oleh tempat kursus bahasa Inggris kami. 

Hari ini ia baru saja ganti buku di level yang baru. Sambil ia mengisi buku yang masih harum dan lurus saya mengajaknya mengobrol.

Obrolan kami awalnya hanya biasa tanya kabar, dan kesibukan masing-masing. Obrolan semakin asyik setelah ia mulai bisa mencair untuk mengobrol dari pada mengisi pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku barunya.

Kami saling bertanya, dan berdiskusi.

Rania bertanya mengapa kata-kata dalam bahasa Indonesia serupa dengan kata-kata dalam bahasa Arab seperti kursi, wajah, jumat, dan ahad ?

Saya mencoba berpikir dan menjawab pertanyaan darinya, karena pada zaman dahulu banyak pedagang Arab yang menetap di Indonesia,dan mereka berkomunikasi dengan bahasa Arab, selain mereka berdagang mereka juga menyebarkan ajaran islam.Dan karena wilayah indonesia sangat strategis untuk berdagang maka banyak negara yang datang ke Indonesia, sehingga bahasa Indonesia memiliki kesamaan bahasa dengan berbagai negara tidak hanya bahasa Arab. 

Saya pun bertanya ke Rania, apakah kamu sering mendengar nama orang Indonesia yang menggunakan bahasa Arab ?

Saya sering mendengar nama Habibie, itu nama presiden kamu bukan ? Habibie dalam bahasa Arab adalah kesayanganku. 

Wow ! kamu mengenal Habibie dari mana Rania ?

Banyak orang yang bilang Habibie itu hebat, tapi saya tidak tau ia hebat dalam hal apa.

Saya mencoba menjelaskan Habibie secara singkat, Habibie adalah presiden ke 3 Indonesia. Ia adalah seorang teknisi yang mampu membuat pesawat terbang. Karena Habibie Indonesia memiliki pesawat terbang sendiri. 

Ia pun takjub mendengar bahwa habibie adalah seorang  pencipta pesawat terbang, dan ia bertanya berapa lama Habibie menjabat sebagai presiden Indonesia ?

hmmm...tidak lama hanya dalam waktu 1 tahun lebih beberapa bulan.

Mengapa seorang Habibie menjabat presiden hanya sebentar, apakah karena rakyat atau ia sendiri yang tidak mau menjadi presiden dalam waktu yang lama ?

Sebelum Habibie menjabat presiden situasi Indonesia kala itu tidak stabil. Banyak rakyat yang demo untuk menjatuhkan presiden Indonesia, nama presiden yang ingin dijatuhkan oleh rakyat Indonesia bernama Soeharto. Setelah Soeharto berhasil dijatuhkan, Habibie dipilih menjadi presiden. Namun masa jabatan Habibie menjadi presiden tidaklah lama karena rakyat berpikir bahwa presiden Habibie punya kedekatan dengan Soeharto. Dengan hati yang ikhlas dan situasi yang damai Habibie pun melepaskan jabatannya sebagai presiden lalu diganti oleh Gusdur.

Jarang sekali pejabat tingkat tinggi mempunyai sikap seperti Habibie, Begitulah Orang islam yang sesungguhnya ia ikhlas menjalankan apa yang diperintahkan kepadanya, Rania mengungkapkan kagumnya pada sosok Habibie.

Saya pun bertanya ke Rania, mengapa di negara timur tengah itu sering sekali bertikai, berperang ?

Negara di timur tengah bertikai karena pemimpin mereka berasal dari syiah, kamu tau syiah ? mereka itu bukan islam, mereka senang berkelahi, melukai diri mereka sendiri, kamu lihat siapa pemimpin negara suriah ? ia adalah tokoh syiah. 

Syiah itu bukan islam, mereka tidak mengakui nabi Muhammad sebagi Rasullah, mereka jika bersumpah demi Husein, demi Ali bukan demi Allah dan Rasullah.

Iran itu bukan negara islam tapi negara syiah, kamu jangan sampai salah. 

Obrolan kami tiba-tiba menjadi sangat serius tentang agama dan negara namun tetap asyik.

Ia mengungkapkan , Jika kamu pilih lebih baik kamu berteman dengan orang syiah atau orang kristiani ?

Kristiani 

Jawab yang bagus, kamu lebih baik berteman dengan orang kristiani daripada orang syiah, orang syiah itu jahat, mereka tidak senang dengan perdamaian. kamu bisa lihat sendiri, mereka merusak ajaran islam yang cinta damai. Banyak orang yang berpikir syiah itu islam, padahal syiah itu bukan islam !

Bukankah di negara kamu banyak syiah, Rania ?

Di Arab Saudi 90 persen islam sunni, sisanya kristiani, syiah dan lain-lain. Daerah yang menganut syiah itu berdekatan dengan negara Bahrain. Ia pun bertanya kepada saya apakah Indonesia terdapat daerah yang mayoritas syiah?

Saya tidak tahu persebaran syiah di Indonesia yang jelas pemerintah Indonesia hanya mengakui islam Muhammadyah dan NU, saya mengungkapkan sepengatahuan yang saya miliki.

Sebelum saya berpisah dengan Rania saya memiliki beberapa pertanyaan untuknya, Mengapa di Arab Saudi wanita memakai cadar, Apa arti hijab menurut pendapat kamu, dan apa tanggapan kamu jika teman wanita islam kamu tidak berhijab ?

Sambil tertawa ia mengatakan, kamu harus bersyukur karena kamu bisa melihat wajah ku secara langsung tanpa kamu harus mendatangi ke rumahku untuk melihat wajahku melalui persetujuan ayahku. 

Alhamdulillah..ungkap saya

Memakai hijab dan cadar itu bukan karena negara, karena perintah Tuhan, kalau kamu membaca surah Al-Ahzab 59 dan An-Nur 31 kamu akan menemukan seorang wanita harus menutupi seluruh tubuhnya untuk tidak diganggu dan hanya boleh dilihat oleh keluarganya saja.

Arti hijab bagiku ialah menjalani perintah Tuhan, seperti yang tadi aku katakan kepadamu. Dan apabila aku mempunyai teman wanita muslim yang belum berhijab aku selalu mendoakannya agar ia bisa berhijab untuk tidak diganggu.

Terimakasih Rania atas obrolan yang sangat luar biasa mengasyikan sampai bertemu lagi, saya harus akhiri obrolan dengannya karena saya harus pergi.

Dan Ia menjawab sama-sama, semoga obrolan yang mengasyikan seperti ini bisa dilakukan kembali, ia pun melanjutkan mengisi buku barunya.



No comments:

Post a Comment