Friday 19 December 2014

Masjid Kubah Biru Tangerang

Di Turki masjid berkubah biru terkenal dengan bernama Masjid Sultan Ahmed, di Kota Tangerang masjid berkubah biru tersebut bernama Al-A'zom, jadi tak perlu jauh-jauh perki ke Turki jika ingin melihat masjid berkubah biru, cukup datang ke Kota Tangerang Anda akan terpesona dengan keindahan kubah biru raksasanya.




Nama Al-A'zom dipilih karena memiliki arti nama Allah SWT yang paling Agung. Letak masjid  berada di dalam pusat pemerintahan kota Tangerang. Masjid berkubah biru ini didirikan atas dasar pemikiran walikota Tangerang Drs. H. Djakaria Mahmud yang menginginkan masyarakat Tangerang memiliki masjid raya yang bisa menjadi landmark untuk kota Tangerang.



Untuk mewujudkan mimpinya itu sang walikota menggandeng arsitek senior Prof Ir. H. Slamet Wirasonjaya,MLA . Entah disengaja atau tidak sang arsitek  merancang masjid raya kota tangerang ini sangat mirip dengan masjid yang ada di Turki, bedanya masjid kota tangerang ini memiliki kubah yang sangat besar yang menumpuk-numpuk.







Luas diameter kubah utama yang dimiliki masjid alazom mencapai 33.685 m Dan luas diameter anak kubahnya mencapai 32.782 m. Jika melihat dari ukuran yang dimilikinya, tidaklah heran jika kubah Al-A'zom disebut-sebut sebagai kubah terbesar di Asia Tenggara bahkan dunia.
Pesona kubah Al-A'zom tidak hanya bisa dinikmati dari luar saja melainkan juga interior didalamnya. Mata akan dimanjakan oleh kubah yang sangat besar di setiap sudut kubahnya di ukir tulisan Alquran yang sangat besar.






























Jika Anda mampir ke Kota Tangerang berkunjunglah ke masjid kebanggaan masyarakat Tangerang ini. Selamat
datang ke Kota Akhlakul Karimah Tangerang














Tulisan ini dibuat untuk mengikuti kompetisi workshop TravelNBlog #TravelNBlog2

https://plus.google.com/communities/104291205243191249782

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete