Monday 5 August 2013

Detik-detik akhir ramadhan


Tidak terasa sudah hampir 30 hari saya dan Anda berada di bulan ramadhan, sudahkah saya dan Anda benar-benar berpuasa dari segala godaan dunia. Atau malah kita berusaha berlari dari bulan penuh berkah tanpa makna di akhir bulan ini. Entahlah hanya tuhan yang tau.

Sebelum benar-benar pergi ada ibadah yang masih bisa kita perbanyak, salah satunya adalah menghatamkan Al-quran. Yah, menghatamkan Alquran, sejak awal bulan ramadhan saya mempunyai niat untuk menghatamkan kitab suci ini.

Masih ada sisa waktu dua hari lagi, jika lebaran tanggal 8 Agustus, hari ini dan esok.
Selain menghatamkan Alquran kita masih bisa melakukan solat yang hanya ada di bulan ramadhan yaitu solat tarawih. Yah solat tarawih. Solat ini tidak sekedar solat berjamaah biasa. Melainkan solat yang bisa menjalin silatuhrahmi yang telah hilang, kita bisa bertemu kembali dengan sahabat kecil kita waktu SD atau TK, atau sahabat sepermainan kita waktu kita masih anak-anak.

Tapi.. ada sedikit ironis entah semua sudah tumbuh dewasa sehingga mereka memiliki kesibukan masing-masing atau memang mereka berkunjung ke tempat yang meraka sukai seperti mall, café, restaurant.
Yah. Saya tidak mempunyai hak untuk membatasi pergaulan mereka, toh saya juga tidak serutin waktu duduk di bangku sekolah dulu untuk pergi solat tarawih.

Di detik-detik akhir ramadhan ini banyak pelajaran yang saya bisa ambil. Selain memperbaiki lagi ibadah saya yang belum baik. saya ingin di tahun depan saya sudah memiliki suatu penghasilan tetap agar saya bisa memberikan sejumlah uang kepada kedua orang tua. Bukan lagi meminta. Dan semoga saya bisa lulus kuliah sesuai dengan rencana saya maret 2014 ! Ameen

No comments:

Post a Comment