Friday 24 January 2014

Berlibur Sejenak

Tidak terasa tahun 2013 akan berakhir. Siap atau tidak aku akan bertemu dengan tahun 2014. Tahun dimana aku akan menjadi seorang sarjanah. Menjadi seorang sarjanah tidaklah mudah. Aku perlu melewati beberapa tahap untuk mencapai predikat sarjana. Salah satu tahap itu bernama Seminar Usulan Proposal atau biasa anak kelas menyingkatnya SUP.

Aku memiliki kedekatan yang sangat intim dengan SUP. Kedekatanku dengan SUP sudah terbina mulai dari semester 6. Di kala teman-teman sekelas masih sibuk dengan Praktek Kerja Lapangan atau PKL Aku sudah menginput SUP duluan. Aku menginput SUP duluan dengan pertimbangan yang sangat mudah, karena aku tidak ingin melihat kekosongan di KRS yang harus terisi 24. 

Pada waktu semester 5 aku sudah mengambil PKL duluan dibandingkan teman-teman sekelas. Aku berpikir jika PKL saja aku bisa mengambil terlebih dahulu dibanding teman-teman yang lain, kenapa SUP aku tidak mencoba mengambilnya duluan.Toh tidak ada yang salah jika aku mencoba seperti PKL.

Waktu berjalan dengan cepat, motivasi yang lemah membuatku tak menyentuh SUP sama sekali, hingga masa pengisian nilai oleh dosen terjadi aku tidak menyentuh SUP. Alhasil nilai yang aku dapat adalah E atau bahasa halusnya belum lulus.  

Semester 7 pun datang aku menginput lagi SUP untuk ke dua kalinya. Ternyata di semester ini aku bertemu dengan mata kuliah Praktek Keterampilan Mengajar atau disingkat PKM. Di dalam mata kuliah ini mahasiswa harus mengajar di sebuah sekolah selama 3 bulan penuh. Jika PKL aku dan teman-teman hanya mengerjakan laporan keuangan yang mudah namun di PKM ini tugas kami sangatlah berat. Bukan hanya mengajar melainkan kami membuat suatu rancangan pengajaran, membuat soal, menguji soal yang telah dikerjakan siswa, hingga memberikan nilai ke seluruh siswa.

Setelah urusan PKM selesai, aku harus kembali menyentuh SUP. Namun prosedur yang melelahkan di PKM membuat aku kurang bergairah untuk menyentuh SUP, Alhasil aku mendiamkan SUP selama satu bulan. Dan kebetulan di satu bulan itu aku mendapatkan suatu acara yang lumayan feenya, lumayan bisa untuk biaya liburan.

Selepas melakukan pekerjaan, entah semangat dari mana aku ngebut mengerjakan SUP. Aku rajin bimbingan dengan dosen, pergi ke perpus fakultas, pergi ke perpus Universitas, pergi ke perpus daerah demi menyelesaikan SUP.  Setelah selesai mengerjakan SUP aku harus mendaftarkan diri untuk sidang SUP.

Di dalam syarat sidang SUP, mahasiswa wajib menyerahkan hasil SUP yang telah mereka buat. Penyerahan SUP merupakan tanda bahwa mahasiswa tersebut mendaftarkan diri untuk sidang, jika tidak menyerahkan mahasiswa tersebut tidak bisa mengikuti sidang SUP. Waktu pengumpulan SUP berselang satu minggu sebelum sidang, karena beberapa teknis aku mengumpulkan SUP 3 hari sebelum sidang akan berlangsung.

Sehari sebelum sidang, tepatnya tanggal 29 Desember 2013. Dosen melihat judul SUP yang aku kerjakan memiliki kesamaan dengan judul SUP temanku. Alhasil aku di panggil, aku pun menjelaskan perbedaan antara SUPku dengan SUP temanku. Namun sayang dosen tidak menghiraukan alasan yang aku jelaskan. Ia meminta untuk mengganti SUP yang telah aku buat, dan aku tidak bisa mengikuti sidang besok 30 Desember 2013.Mendengar pernyataan seperti itu, aku sedih, kecewa perjuangan yang cukup menguras uang, waktu, dan tenaga harus terhenti.

Aku berserah bukan berarti menyerah masih panjang perjuangan ini. Mungkin ini waktunya aku berlibur sejenak. Yah berlibur sejenak melepaskan penat dari semester 7. Aku mengucapkan "hei SUP ku sayang aku menunda mu, aku akan berlibur selama 2 minggu, setelah itu aku akan kembali kepada mu"

Mulai tanggal 31 Desember 2013 - 15 Januari 2014 aku berlibur berkeliling Indocina, ASEAN secara solo traveler !

No comments:

Post a Comment